Custom Search

Tuesday, January 06, 2009

Catatan Teknologi Informasi 2008


Peluncuran Asus Eee PC di Indonesia, Laptop berukuran kecil dengan media penyimpanan berbasis Flash Memory pada Januari 2008. Pada bulan Juli 2008, Intel mulai gencar mempromosikan istilah netbook di Indonesia yang diidentikkan dengan produknya yaitu Intel Atom. Perbedaan Netbook dan Notebook terletak pada fungsinya. Netbook, adalah perangkat yang memilki fungsi konsumsi konten, terutama melalui internet. Sedangkan notebook menjadi perangkat produksi konten. Dilihat dari sisi ukuran, netbook memiliki ukuran layar antara 7-10 inci.

Kunjungan Pendiri Microsoft ke Indonesia pada bulan Mei 2008

Macbook Air, laptop tertipis di dunia yang dikeluarkan oleh Apple kemudian disusul dengan dikeluarkannya iPhone 3G.

Disahkannya UU ITE pada 25 Maret 2008. UU tersebut juga mengatur hal-hal seputar konten internet. Penerapan dari UU ITE ini, diuji ketika beredarnya film bertajuk "Fitna" yang dibuat seorang anggora parlemen Belanda, Geert Wilders. Film yang menyakiti hati umat muslim di dunia. Karena hal tersebut, pemerintah memblokir YouTube dan website lain semacam Multiply.

Perang Iklan tarif telekomunikasi yang makin ganas. Tarif iklan yang menampilkan rentetan angka nol dibelakang koma saling beradu antara dua operator besar yaitu XL dan Indosat.
Masuknya investasi dari Timur tengah dii dunia telekomunikasi Indonesia. Saudi Telecom Company (STC) dari Arab Saudi memiliki saham mayoritas pada operator Axis.

Munculnya pendatang baru di dunia browser, yaitu Google Chrome pada 2 September 2008. Banyak yang dijanjikan google lewat Chrome tersebut. Salah satunya adalah browser tak boleh lagi mengganggu pengalaman browsing pengguna internet. Fitur lain adalah memungkinkannya pengguna mengakses halaman web tanpa tercatat jejaknya baik dikomputer lokal maupun di Google.

Perkembangan pemakai Windows Vista yang masih sedikit. Gaung dari SO (sistem operasi) ini sangatlah kurang, dibandingkan saat masa awal Windows XP dan Windows 95. Dimunculkannya Vista XP 1 pada bulan Maret 2008, akan tetapi masih kalah gaung dengan Win XP SP 3.

Google menjawab dobrakan iPhone dengan Android, sebuah upaya gotong-royong mengembangklan peranti lunak untuk ponsel pada bulan Agustus 2008. Produsen asal Taiwan, HTC yang mendapat kehormatan meluncurkan ponsel pertama berbasis android.

Operator telekomunikasi di Indonesia mendapat lisensi 3G sejak tahun 2006. Pada awalnya video call digadang-gadang sebagai layanan unggulan. Pada kenyataannya layanan yang lebih diminati adalah layanan akses data. Operator selulerpun menawarkan paket-paket akses data semacam; Flash dari Telkomsel, Indosat 3.5G Broadband dan IM2 dari Indosat. Masuknya vendor perangkat modem 3G seperti Huawei dan ZTE turut memacu serunya perang layanan akses data 3G. Belum habis perang 3G, para operator telekomunikasi besar akan siap berhadapan untuk mendapatkan lisesnsi frekuensi di pita 2,3 GHz dan 3.3 GHz yang diperuntukkan bagi Broadband Wireless Access (BWA). Nantikan saja, siapa yang berhak menghadirkan layanan internet berkapasitas besar ini ??

sumber : majalah CHIP edisi 12/2008


4 comments:

  1. Anonymous8:38 PM

    siapa yg berhak ya ? ndak tahu aku ... mungkin saja pihak yg pandai mendapatkan kesempatan itu bagaimanapun caranya

    ReplyDelete
  2. Anonymous1:59 AM

    akhirnya aku beli Lenovo Ideapad S10 batere 6 cell :D

    ReplyDelete
  3. I am currently searching for ways in which I could enhance my knowledge in this said topic you have posted here. It does help me a lot knowing that you have shared this information here freely.
    Customized office furniture | Best office furniture

    ReplyDelete
  4. I already got what I needed, without telling lies, I have more than 2 hours of looking for any information like this. In my college work needed to review articles online, I really thank you very much to the writers...
    Buy furniture online | Cheap office furniture

    ReplyDelete