Custom Search

Thursday, July 26, 2007

repositori lokal di FC 6

Repository merupakan gudang penyimpanan paket-paket software di Linux. Anda dapat mengambil dan menginstall aplikasi software yang Anda inginkan dari dalam repository. Repository yang lengkap tentu berada di server distro tersebut di internet. Misal, jika Anda menggunakan distro Fedora maka di server Fedora-lah Anda dapat mengambil paket aplikasi software yang di inginkan. Sekarang masalahnya, bagaimana jika kita tidak punya koneksi internet ?
Walaupun sekarang cukup banyak website mirror lokal yang memberikan layanan paket-paket software untuk repositori, seperti http://kambing.vlsm.org/ ; http://tuma.ui.edu/pub/ ; http://fedora.ugm.ac.id. Namun koneksi internet untuk negara kita tercinta ini masih menjadi barang yang cukup mahal.
Tulisan berikut mungkin bisa menjadi salah satu solusi, dengan cara membuat sebuah repositori lokal sehingga Anda dapat langsung menginstall dari hardisk komputer Anda. Keuntungannya tentu akan lebih cepat dan alasan lainnya adalah kita tidak perlu tersambung ke internet karena komputer kita-lah yang berfungsi sebagai server repositori.
Saya menggunakan contoh distro Fedora Core 6 dan menggunakan paket-paket software RPMS yang ada pada CD Fedora Core 6.Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Siapkan terlebih dahulu VCD/DVD repo untuk Fedora Core 6, kemudian buat folder untuk menyimpan paket-paket software tersebut misal di /home/eko/fedora-repo, kemudian copy-kan paket-paket software dari CD Fedora 6 ke direktori tersebut.
2. Kemudian kita mulai mengonfigurasi yum, masuk ke direktori /etc.
3. Dengan sebagai root buka yum.conf dengan mengetikkan perintah vi /etc/yum.conf.
4. Tekan huruf "i" untuk mulai mengedit file yum.conf, tambahkan baris berikut pada bagian akhir file.

[lokal-repo]
name=lokal-repo
baseurl=file:///home/eko/fedora-repo (sesuaikan dengan direktori dimana Anda membuat folder repositori)
enabled=1
gpgcheck=0

5. Tekan tanda Esc, kemudian di ikuti dengan tanda titik dua,w dan q (:wq) untuk menyimpan hasil perubahan.
6. Rubah bagian status enabled pada tiga file di direktori /etc/yum.repos.d menjadi 0 (nol). Tiga file tersebut adalah fedora-core.repo, fedora-extras.repo, fedora-updates.repo. Hal ini bertujuan agar ketika menginstall suatu paket aplikasi, komputer tidak akan meminta koneksi ke internet.
7. Caranya adalah dengan ketik perintah vi fedora-core.repo, kemudian pada bagian enabled runah nialinya menjadi 0 (nol) semua. Begitu juga dengan dua file lainnya. Ingat, Anda harus akses file-file tersebut sebagai root.
8. Kemudian kita akan membuat metadata repositori umum dengan menginstall paket createrepo.
9. Masuk ke folder /home/eko/fedora-core dan ketik perintah :
[root@eko fedora-repo]rpm -ivh createrepo-0.4.4-2.fc6.noarch.rpm

Anda dapat menggunakan bantuan tombol TAB untuk mempercepat penulisan perintah, caranya : rpm -ivh createrepo[TAB] maka tombol TAB akan meneruskan nama paket createrepo yang akan di install. Jika setelah menekan tombol TAB, tidak memunculkan nama paket createrepo maka kemungkinan Anda salah masuk direktori atau paket createrepo tersebut memang belum di copy ke komputer Anda. Pastikan bahwa paket createrepo telah berada dalam komputer Anda.

10. Selesai, Anda sudah mempunyai repositori lokal dalam komputer, cobalah dengan menginstall aplikasi yang Anda inginkan. Saya mencoba menginstall aplikasi email client Thunderbird, dan hasilnya lebih cepat. Kurang dari 5 menit Thunderbird sudah terinstall, padahal ukurannya lumayan gede, 22 M :-)
Moga bermanfaat.

2 comments:

  1. maaf sebelumnya, saya pengguna blog baru. boleh minta ngga script yang buat deteksi os, browser, dan ip pengunjung?
    makasih

    ReplyDelete
  2. coba kunjungi alamat berikut http://www.danasoft.com.

    ReplyDelete