Custom Search

Monday, August 06, 2007

Open Source = Gratis ?

Pemahaman seperti itu salah, karena pengertian open source adalah program yang digunakan dapat di ketahui source-code atau kode sumber tidak hanya oleh developer saja tapi oleh semua orang sehingga dapat di lakukan perubahan/penambahan yang di inginkan. Bahkan para penggunanya-pun dapat mengetahui proses yang terjadi di dalamnya. Berbeda dengan software yang bersifat proprietary (tertutup), hanya pihak developer saja yang mengetahui kode program di dalamnya.
Pada tahun 1982, terjadi ledakan dahsyat pada jalur pipa gas Uni Sovyet di Siberia, dimana kekuatannya sekitar 3 kiloton, atau 25% dari kekuatan bom nuklir Hiroshima. 16 tahun kemudian baru di ketahui publik bahwa ledakan tersebut di sebabkan oleh software komputer proprietary yang telah di ubah oleh CIA. Sedangkan software open source dapat di lakukan audit terhadap kode programnya.

Open source != Linux
artinya Open Source tidak sama dengan Linux, karena banyak program aplikasi yang bersifat Open Source yang mungkin secara tidak sadar telah banyak Anda gunakan selama ini seperti Mozilla firefox, Thunderbird, Apache, PHP, Java dan lainnya.
Lebih lengkapnya, kunjungi alamat berikut : http://harry.sufehmi.com/archives/2007-05-14-1472/

No comments:

Post a Comment