Custom Search

Friday, July 11, 2008

gmana pindah email dari MS Outlook?

Salah satu paket dari Microsoft Office yang digunakan dalam manajemen email adalah Microsoft Outlook. Versi terbaru dari MS Outlook ini adalah Microsoft Outlook 2007. Bagi Anda yang masih menggunakan MS Outlook 2003 dan ingin memindahkan data email ke versi terbaru yaitu MS Outlook 2007, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan yaitu :
1. Data email pada MS Outlook di simpan dalam sebuah file yaitu .pst (berbeda dengan Outlook Express yang menyimpan data emailnya dalam beberapa file). Yang pertama, Anda harus mengetahui dimana aplikasi Outlook menyimpan file .pst tersebut.

2. Secara default, biasanya file .pst tersebut berada pada alamat C:\Documents and Settings\%username%\Local Settings\Application Data\Microsoft\Outlook (untuk Windows XP).
Jika Anda menggunakan Windows Vista biasanya terdapat pada C:\Users\%username%\AppData\Local\Microsoft\Outlook\.

3. Atau untuk menemukan file tersebut secara pasti, klik kanan pada folder Outlook Today ==> Properties ==> tombol Advanced ==> Filename.























4. Jika Anda sudah menemukan file .pst tersebut, tutup aplikasi Microsoft Outlook dan copy file .pst tersebut ke media penyimpanan lainnya seperti hardisk, flash-disk, CD-R(W) atau DV-R(W).

5. Buka aplikasi MS Outlook 2007 dan pilih pada menu File ==> Import and Export. Pilih Import from another program or file. Kemudian pilih file .pst dan arahkan ke file .pst yang telah Anda copy sebelumnya tadi.

6. Pilih opsi "Include subfolders" dan klik tombol Finish untuk memulai proses import. Jika sudah selesai, restart MS Outlook yang Anda gunakan, data email Anda sudah selesai di transfer.

7. Selain itu Anda juga bisa menggunakan cra manual, yaitu meng-copy file .pst tersebut ke folder dimana file .pst baru berada. Rubah namanya misal menjadi Outlook-old.pst dan copy file Outlook.pst yang ada dalam flash-disk/CD/DVD tersebut ke dalam folder tersebut.

8. Restart aplikasi MS Outlook, email sudah selesai di transfer...mudah bukan?

9. Buka bagian Address Book, pada beberapa kasus biasanya secara otomatis Address Book akan ikut di transfer. Namun jika Anda menemukan Address Book masih kosong, lakukan cara seperti diatas, cuma file yang harus Anda copy adalah berekstensi .PAB.

10. Untuk melihat lokasi file tersebut buka melalui menu Tools ==> Email Accounts ==> View or change existing directories or address. Klik tombol Next, klik Personal Address Book dan klik tombol Change. Catat path lokasi dimana file .PAB tersebut berada. Copy dan import seperti pada langkah diatas.













:D Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. pke thunderbird juga sama lho..

    sbb,aku pernah nyoba....
    http://escoret.net/blog/?p=221

    ReplyDelete
  2. #escoret
    btw, belum pernah pake Thunderbird :-)
    Gampang gak pak jk dibanding dgn Outlook?

    ReplyDelete