Custom Search

Friday, December 05, 2008

tips aman berinternet bagi anak

Saat ini, Internet merupakan bagian dari kehidupan manusia hampir di seluruh dunia. Internet menyediakan ratusan atau bahkan ribuan informasi yang dapat di akses kapanpun dan di manapun. Selain itu, juga terdapat berbagai macam hiburan di dalamnya seperti game yang dapat di mainkan secara online, dengan teman dan keluarga. Justify FullInternet juga dapat menjadi media untuk bersosialisasi secara online. Perkembangan blog yang saat ini telah menjadi tren pada komunitas internet, mirip dengan surat-menyurat pada program sahabat pena, namun bedanya kita dapat melakukan komunikasi secara langsung dan dapat melakukan pertemuan secara offline.
Bagi kita, sebagai orang tua, menyediakan dan menemukan situs yang berguna bagi pendidikan anak dan keluarga merupakan hal yang cukup penting.
Berikut ini beberapa tips untuk menjaga keluarga Anda ketika browsing di internet :

1. Komunikasi dengan anak/keluarga sebelum mereka melakukan akses ke internet. Walaupun internet dapat di akses melalui komputer namun dunia yang nyata adalah apa yang telah Anda ajarkan pada mereka, berikan pesan "agar tidak berbicara/mempercayai pada oran gyang tidak di kenal di internet"

2. Gunakan filter online untuk mencegah anggota keluarga Anda mengakses situs-situs isinya tidak pantas untuk di akses. Salah satunya adalah Glubble. Terlebih dahulu, Anda harus mendaftar secara gratis dan kemudian dapat mengatur akses internet bagi keluarga dengan mudah.

3.Temani anak Anda ketika bermain internet. Anda dapat mengajarkan bagaimana menggunakan komputer, cara akses ke internet, mengunjungi situs-situs pendidikan yang berguna untuk pengetahuan mereka.

4.Hendaknya Anda juga mengawasi anak Anda ketika berinteraksi dengan orang lain di internet. Terangkan kepada mereka, hendaknya mereka berinterksi/chatting dengan orang yang sudah di kela/anggota keluarga daripada dengan orang lain yang belum di kenal.

5. Letakkan komputer pada area yang terbuka, misal di ruang keluarga sehingga Anda juga dapat mengawasi penggunaannya dengan mudah.

6. Hendaknya di perhatikan ketika anak/anggota keluarga meng-upload file tertentu misal:gambar ke internet. PAstikan Anda mengetahui dan memastikan bahwa file tersebut aman dan tidak membahayakan bagi Anda dan anggota keluarga lain.

7.Hendaknya Anda mengikuti perkembangan teknologi terakhir, seperti tren blog, online video sharing dan sebagainya. Dan mengetahui tips/teknologi terbaru untuk dapat mengakses internet secara aman bagi anak.

8.Anak-anak selalu ingin mencoba program yang baru, apalagi internet menawarkan berbagai program yang beragam. Hendaknya Anda memeriksa dan merekomendasikan program yang aman bagi anak atau anggota keluarga lain.

9. Ajari anak Anda agar tidak memberikan password atau data pribadi kepada orang yang tidak di kenal di internet.

10.Interaksi sesering mungkin dengan anak sebagaimana Anda biasa bersama-sama mereka ketika melakukan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Begitu juga ketika berinternet, tanyakan games apa yang mereka senangi dan sering lakukan, situs apa yang menarik bagi mereka dan sebagainya.

4 comments:

  1. Wah infonya mantap nih..

    bisa buat adik saya yg masih kecil..

    thanks ya..

    ReplyDelete
  2. huaaaaaaaaaaaaa.bom punya anak...


    *bikin ahhh*

    ReplyDelete
  3. dan jangan download sembarangan...hehehe (sapa tahu trojan/spyware)

    ReplyDelete
  4. Na'am akhy...

    sebenarnya tak hanya dalam berinternet tp dalam segala aktivitasnya (terutama bg usia pra sekolah_setau ana) adalah tak baik membiarkan mereka bermain sendirian. Karena rasa ingin tau dalam diri mereka yg begitu tinggi, sehingga sayang jika tidak dimaksimalkan dg Qt turut membantunya...

    Wallahuta'ala a'alam

    ReplyDelete