Custom Search

Monday, August 13, 2007

Menulis font Cina/Jepang/Korea di Windows XP

Tips berikut ini akan memberikan penjelasan bagaimana caranya menulis font Jepang/Cina/Korea di sistem Windows XP. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Pilih menu Start --> Control Panel -->Regional and Language Options, kemudian pilih tab Language.

2. Centang pada bagian Supplement language support, centang dua-duanya biar lengkap. Akan muncul kotak dialog yang menyatakan bahwa untuk menginstall font Jepang,Cina dan Korea membutuhkan 230 MB, sedangkan untuk font Arabic, Thai, Armenia, Georgian, Hebrew, Indic, Vietnam membutuhkan 10 MB atau lebih.
3. Klik tombol OK, trus tombol Apply, muncul pesan untuk memasukkan CD XP SP2.
4. Masukkan CD XP Anda dan tunggu proses pengkopian sampai selesai.
5. Klik tombol Apply, kemudian klik tombol Details (seperti pada gambar diatas). Kik tombol Add, seperti tampilan gambar berikut ini.

6. Muncul kotak seperti berikut ini, pilih bagian Input Language, dalam contoh ini adalah Chinese (Taiwan), klik tombol OK, dan perhatikan perubahannya seperti diatas.

7. Lakukan langkah yang sama untuk bahasa Jepang dan Korea atau yang lainnya.

8. Klik tombol OK, dan lihat pada bagian kanan bawah status bar, telah terdapat pilihan untuk menulis font Cina/Jepang/Korea.

9. Untuk switch language (pindah bahasa), gunakan kombinasi tombol Alt+Shift, dan Anda sudah dapat menulis font Cina/Jepang/Korea sesuai yang di inginkan.

10. Jika font yang Anda install cukup banyak, untuk lebih mempercepat pemindahan font bahasa yang digunakan, adalah dengan menggunakan shortcut, caranya adalah sebagai berikut: seteleh langkah yang ke tujuh (7) , klik tombol Key Settings, kemudian klik Change Key Sequence dan pilih kombinasi tombol yang Anda inginkan.

Untuk font lainnya, Anda bisa mencoba sendiri ya, moga bermanfaat.

4 comments:

  1. walah bos klo di kompie ga ada pilihan bahasa jepangnya gimana dong? udah aku coba cara ini tapi ga ada pilihan bahasa japan neh T_T

    ReplyDelete
  2. @ roni : install dulu aja mas

    ReplyDelete
  3. Queen4:33 AM

    CD XP SP2 thu apa yah??
    aku ngga ngerti gini2an sama skali..
    tapi pingin bisa nulis korea..
    tolong bantuannya dong..

    ReplyDelete
  4. della8:25 AM

    status bar-nya ga muncul...
    gimana caranya biar muncul?

    ReplyDelete