Custom Search

Tuesday, October 21, 2008

cara update database di Clamwin

Bagi Anda yang masih menggunakan sistem operasi Windows 98, tentu agak kesulitan jika akan memasng anti virus karena kebanyakan berbagai anti virus yang free sekarang sudah tidak mendukung penggunaan Windows 98. Namun ada satu anti virus yang berbasis open-source dan cukup bagus yaitu Clamwin. Anda dapat mendownload aplikasi tersebut secara gratis di sini.
Namun yang jadi masalah adalah bagaimana cara meng-update database virus dalam software anti virus Clamwin ini. Berikut ini, langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk update database virus-nya :
1. Download dua file main.cvd dan daily.cvd pada alamat berikut http://www.clamav.org/download/cvd. Simpan pada folder tertentu di komputer Anda.

2. Kemudian, buka antivirus Clamwin dan pilih pada menu Tools--> Preferences --> File Locations. Lihat pada bagian "Virus database folder". Di situlah letak alamat database virus dari Clamwin.

3. Buka lokasi folder tersebut dan copy-kan kedua file yang telah Anda download tadi ke dalam alamat lokais tersebut. Alamat defaultnya biasanya di “C:\Documents and Settings\All Users\.clamwin\db” (jika Anda pakai Windows XP).

4. Kemudian akan muncul kotak dialog konfirmasi untuk "replace" file, pilih "Yes" maka file ayng lama akan tertimpa dengan file yang baru.

5. Selesai...Antivirus Clamwin Anda sudah ter-update.
Moga bermanfaat.

2 comments:

  1. trims infonya om

    link ke web aq yah

    sekali lagi trima kasih

    ReplyDelete
  2. Anonymous3:10 AM

    thank you, sangat membantu

    ReplyDelete